My Blog

Buat Nota Murah di Jogja

No comments

Macam-Macam Nota dalam Dunia Perdagangan

1. Nota Kredit

Jenis nota yang pertama adalah nota kredit, untuk nota jenis ini dipakai sebagai bukti transaksi penjualan barang yang pembayarannya dilakukan secara kredit. Biasanya bukti transaksi ini akan dibuat oleh penjual lalu diberikan kepada pembeli. Pemberian nota ini bisa dimaksudkan sebagai pengurangan biaya faktur, bisa jadi karena adanya kerusakan sebagian pada barang ataupun barang yang diterima memiliki kualitas yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli. 

2. Nota Debit 

Jenis kedua dari nota adalah nota debit yang merupakan bukti dari transaksi pengiriman dan pengembalian barang yang rusak. Biasanya hal ini terjadi apabila barang yang diterima oleh pelanggan mengalami kerusakan atau penurunan kualitas, sehingga perlu diajukan pengembalian atau penukaran barang karena barang yang didapatkan tidak sesuai dengan pesanan. Berbeda dengan nota kredit, nota debit dibuat sendiri oleh pembeli lalu diberikan ke toko beserta dengan barang yang akan dikembalikan atau ditukarkan.

Kedua jenis nota tersebut penting untuk diketahui oleh penjual maupun pembeli, supaya transaksi bisa berjalan lancar. Untuk toko atau penjual nota, merupakan barang yang penting karena bukti transaksi nanti akan diproses ke pembukuan. Di dalam nota juga terdapat berbagai informasi seperti tanggal transaksi, nama toko, nomor nota, nama pembeli, alamat toko, alamat pembeli, nama barang, serta jumlah barang yang dibeli. Di beberapa toko dan persahaan, mereka mencetak notanya sendiri  dengan menyertakan desain menarik dan identitas perusahaan.

Untuk cetak nota murah biasanya penggunaan elemen nota seperti nomor telepon, alamat, warna, logo, kop surat, identitas perusahaan disamakan. Bukan hanya supaya memangkas biaya pencetakan, namun juga untuk membuat identitas bisnis perusahaan menjadi lebih kuat terhadap konsumen. Kertas yang digunakan biasanya adalah jenis kertas NCR yang memiliki kandungan serat karbon di dalamnya. Adanya serat karbon ini tentu memudahkan dalam menggandakan nota, dengan sekali tulis saja sudah bisa mendapatkan dua, tiga, hingga empat nota.

Perbedaaan Nota, Kwitansi, dan Faktur

Faktur, kwitansi, dan nota memang terlihat mirip bahkan banyak orang yang tidak tau apa perbedaan ketiganya. Jadi Anda perlu memahami dulu perbedaan ketiganya sebelum melakukan cetak nota murah.

1. Faktur

Secara definisi, faktur merupakan perhitungan pembayaran dan penjualan kredit yang memiliki 3 salinan atau rangkap tiga. Salinan pertama akan ditujukan kepada pembeli, biasanya berwarna putih. Yang kedua akan disimpan oleh penjual dan harus ditandatangani oleh pembeli, nantinya akan dijadikan lampiran saat penagihan. Sedangkan untuk salinan yag ketiga akan disimpan oleh penjual di buku faktur guna pembukuan. Di dalam faktur terdapat berbagai rincian dan syarat-syarat dalam transaksi tersebut, tergantung dengan kebijakan yang diberlakukan oleh penjual.

2. Kwitansi

Kwitansi sendiri merupakan bukti dari transaksi yaitu penerimanaan sejumlah uang.  Bukti berupa kwitansi akan ditandatangani oleh penerima uang lalu akan diberikan kepada pembayar uang sebagai bukti tanda transaksi. 

3. Nota 

Sedangkan nota adalah bukti dari transaksi berupa penjualan dan pembelian atas sejumlah barang. Sama halnya dengan faktur, nota tidak hanya dimiliki oleh pembeli namun juga oleh penjual. Dalam satu transaksi akan diperoleh 2 nota, yang satu disimpan oleh penjual dan satu lagi diberikan kepada pembeli.

Ketiganya tentu berbeda, bukan hanya mekanisme penggunaannya saja tetapi juga transaksi yang terjadi memiliki perbedaan. 

Penggunaan Nota Dalam Bertransaksi

Nota yang digunakan oleh penjual dalam bertransaksi memang ada yang dicetak sendiri dan ada juga yang membeli langsung jadi dan tinggal pakai. Namun untuk nota yang langsung isi atau sudah jadi memang kurang praktis, karena Anda perlu mengisi identitas penjual berkali-kali setiap adanya transaksi. Supaya lebih cepat emang Anda perlu mencetak sendiri nota untuk perusahaan maupun toko Anda. Dengan begitu Anda bisa mencantumkan kop dan identitas perusahaan atau toko dalam cetakan nota. Jadi apabila ada transaksi penjualan, maka tinggal mencantumkan identitas pembeli serta info mengenai produk yang dibeli.

Cetak Nota Berkualitas dan Tarif Murah Jogja

Jogja merupakan salah satu wilayah yang menjadi sumber perekonimian Indonesia, terutama bagian pariwisatanya. Jadi tidak heran apabila terjadi berbagai jenis transaksi penjualan dan pembelian di wilayah ini. Tentunya penjual memerlukan nota untuk mencatat keluar masuknya barang serta kas untuk dipakai dalam pembukuan toko. Nota juga perlu diberikan kepada pembeli sebagai bukti transaksi yang valid.

Luluk Offset JogjaBuat Nota Murah di Jogja

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.