My Blog

Cetak Dus Kemasan Jogja

Bingung mau Cetak Dus Kemasan Jogja? | Pelangi Offset Jogja
Kamu lagi nyari tempat Cetak Dus Kemasan Jogja? Kmau bisa banget nih main-main ke toko kami di Pelangi Offset Jogja! Jangan khawatir, harganya pasti terjangkau kok! Cocok banget buat kawula muda yang baru merintis usaha nya. Cetak Dus Kemasan Jogja ini kamu bisa request ukuran dan juga bisa pakai design kamu sendiri loh! Ga akan ribet deh pokoknya kalo mau Cetak Dus Kemasan Jogja di Pelangi Offset Jogja

Cetak kardus makanan jogja – Kardus makanan ini memang sangat dibutuhkan banyak perusahaan besar guna mengemas barang-barang dalam jumlah besar pula. Pemilihan tepat cetak pun harus diperhatikan. Untuk memperoleh kemasan yang tepat раѕtіnуа kamu hаruѕ mencetak kemasan dus dі tеmраt уаng tераt pula. Kеѕаlаhаn dalam mеmіlіh jаѕа сеtаk kardus makanan jogja раѕtіnуа akan mеmbuаt hаѕіl dеѕаіn kemasan tіdаk sesuai dеngаn selera kamu dаn bаhkаn реnggunааn kemasan dus yang tidak tераt malah аkаn menurunkan nilai estetis produk. Mеѕkі sekarang ѕudаh bаnуаk jаѕа percetakan dіgіtаl printing yang mеnуеdіаkаn jasa сеtаk dus, ѕеbаіknуа kamu tеrlеbіh dаhulu mеnеrарkаn bеbеrара tips bеrіkut ѕеbеlum mеmutuѕkаn mеmаkаі ѕеbuаh jasa cetak kemasan.
 Perhatikan mesin pencetak уаng dіgunаkаn pilihlah jasa реrсеtаkаn yang mеnggunаkаn mesin рrіnt khusus kemasan.
 Perhatikan tinta, bеdа jenis tіntа beda рulа kuаlіtаѕ wаrnа уаng dihasilkan.
 Lіhаt bаhаn kemasan уаng dіgunаkаn
 Periksa latar belakang dan rерutаѕі jаѕа tеrѕеbut
 Bаndіngkаn patokan harga dan hasil desain dеngаn beberapa tempat ѕеkаlіguѕ.
Kardus memang sebuah kemasan yang ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik. Bahannya yang terbuat dari kertas ini mudah sekali diuraikan. Kardus sendiri ada yang terbuat dari bubur kertas, kayu, dan sintetis. Dilihat dari ukurannya, kardus memiliki bentuk yang besar sehingga bisa menampung lebih banyak produk. Tentu hal ini akan mempermudah proses distribusi dari tempat produsen ke konsumen. Walaupun begitu ada beberapa kardus yang tidak mudah didaur ulang. Membutuhkan proses dan waktu yang lama. Untuk itu kita perlu mengetahui jenis-jenis kardus. Secara jenis kardus dibagi menjadi dua:
1. Kardus Gelombang
Kardus jenis ini biasanya di bentuk seperti kemasan berwarna coklat yang fungsinya untuk mengemas barang. Kardus gelombang ini memiliki tiga lapis bahan, sehinga tidak mudah rusak dan kuat.
2. Kardus paperboard atau karton
Kardus ini memiliki satu lapisan yang biasanya digunakan untuk mengemasa barang seperti sepatu dan kemasan makanan.
Perkembangan zaman membuat banyak orang sadar akan kesehatan dan keseimbangan lingkungan. Untuk itu gerakan kesadaran lingkungan mulai bermunculan. Hal inipun berpengaruh pada aktivitas industri pangan. Pasalnya , makanan adalah barang yang sering atau banyak menyumbang andil dalam kebersihan lingkungan. Makanan pasti selalu menggunkan sebuah kemasan dalam pengemasan. Tujuannya adalah agar makanan tersebut terlihat praktis dan terlindungi dari beberapa faktor dari luar makanan tersebut terlabih lagi bakteri. Kota makanan kini bisa digunakan secara berulang-ulang. Apakah kemasan makanan ini baik untuk kesehatan tubuh kita? Tak semua kemasan makanan yang ada dipasaran baik digunakan untuk tempat makanan. Beberapa dari kotak makanan tersebut mengandung bahan kimia tentu hal ini membahayakan kamu dan keluarga. Untuk itu kamu harus teliti dalam memilih cetak kardus makanan. Kemasan makanan harus memiliki penutup yang rapat sehingga isinya terhindar dari bakteri. Penutup juga melindungi makanan dari kebocoran di dalam kulkas dan mencegah terjadinya oksidasi sehingga kesegaran makanan tetap terjaga.
Setelah mengetahui tentang kemasan makanan, selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah manfaat dari cetak kardus makanan itu sendiri. Terlebih lagi dengan penggunaan pembungkus makanan, memberikan berbagai macam keuntungan untuk pihak produsen maupun konsumen. Selain terjaga kebersihannya, cita rasa dari makanan tersebut tidak akan berubah karena melalui proses distribusi yang panjang, serta menunjang penampilan produk guna menarik perhatian dan minat masyarakat.
 Kebersihan
Kuman dapat datang dari mana saja, mulai dari sentuhan manusia hingga udara yang terpapar berbagai macam polusi. Oleh sebab itu, penggunaan kemasan makanan, khususnya kemasan makanan sangat membantu para pengusaha untuk menjaga produk yang mereka jual dalam kondisi kebersihan yang terjamin.
 Cita Rasa
Satu hal yang ditakutkan dalam menjual produk makanan kemasan adalah cita rasanya yang berubah oleh berbagai macam faktor. Dengan menggunakan kemasan makanan, hal tersebut dapat ditanggulangi karena udara dan kotoran tidak dapat menyentuh produk makanan karena telah dilindungi oleh kemasan tersebut.
 Penampilan Produk
Manfaat terakhir yang dapat dirasakan adalah penampilan produk yang kamu jual terlihat menarik. Hal ini dikarenakan dengan pengemasan yang baik, ditambah dengan desain yang sesuai, maka kotak makanan kamu akan menggugah konsumen untuk membelinya.
Bagi kardus makanan, ini memang sangat berarti. Makanan yang dikemas akan terlindungi dari segala kemungkinan buruk terjadi. Mulai dari bakteri, virus, debu, dan lain-lain yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Nah, dengan menggunakan kardus hal-hal tersebut dapat diminimalisir, sehingga kamu lebih nyaman mengonsumsi makanan yang terkemas. Sebuah fungsi kardus merupakan suatu hal yang memang perlu dipertimbangkan. kardus tidak serta merta hanya berfungsi untuk menutupi produk. kamu juga harus memilih bahan kardus yang tepat. Mulai dari kesesuaian dengan produk, harga, kenyamanan, dan lain-lain.
Di luar sana ada berbagai jenis kemasan, yang masing-masing diantaranya bisa cocok dengan produk makanan yang kamu jual, tetapi bisa juga menimbulkan resiko. Demikian juga dengan jenis produk makanan yang dijual. Setiap jenis produk memiliki kemasannya masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk jeli memilih jenis kemasan yang umum, dalam arti sesuai standar untuk semua produk makanan.
Kira-kira apa saja ya, yang perlu kamu perhatikan saat memilih kemasan untuk bisnis kuliner?.
1. Kemasan makanan kedap udara
Kriteria kemasan yang baik untuk makanan adalah kemasan yang bersifat kedap udara. Sifat kedap udara pada kemasan sangat berpengaruh pada kesehatan produk dan konsumen. Katakanlah kita hidup di daerah perkotaan. Kita lebih sering menemui udara yang tercemar dan enggak luput dari virus dan bakteri yang terkadung di dalamnya. Dengan kondisi ini, tentu resiko kontaminasi pada produk makanan bisa semakin besar. Kemasan kedap udara dapat meminimalisir resiko terjadinya kontaminasi.
2. Kemasan makanan kedap air
Beberapa jenis makanan akan mengalami penurunan kualitas apabila terkena air. Ada pula jenis makanan yang apabila kena air jadi gampang basi. Selain itu, menurunnya tingkat kehigienisan makanan bukan enggak mungkin bakal terjadi pada produk makananmu. Ini lah alasan utama mengapa kemasan kedap air sangat dibutuhkan. Penggunaan kemasan berbahan plastik bisa jadi solusi untuk melindungi makanan dari bahaya air. Sifatnya yang mampu menahan air sanagt fleksibel untuk semua produk makanan.
3. Hindari bahan Styrofoam
Kriteria lain yang menunjang kualitas produk makanan adalah hindari bahan kemasan dari Styrofoam. Secara umum, hingga saat ini kemasan berbahan Styrofoam masih banyak dipakai untuk produk makanan. Sifatnya yang tahan panas dan harganya yang relatif murah, membuat para penjual makanan menjadikan kemasan ini sebagai pilihan yang tepat. Padahal, Styrofoam bukan bahan kemasan yang 100% aman untuk produk makanan. Meskipun telah dilapisi dengan kertas minyak, resiko bahan kimia pada Styrofoam tercampur ke dalam makanan tetap besar lho.
4. Hindari kemasan berbahan logam
Seperti halnya Styrofoam, kemasan berbahan logam juga sudah selayaknya kamu hindari, karena bahan kimianya yang berbahaya untuk makanan. Kemasan logam dengan kualitas rendah akan mudah terkelupas dan mudah berkarat.
Untuk kebutuhan jangka panjang, kemasan logam memang leboh efektif digunakan untuk membungkus makanan. Namun, kalau usahamu berfokus pada kuliner siap saji, baiknya kamu gunakan kemasan berbahan lain yang lebih aman.
5. Berikan sirkulasi udara
Poin ini mungkin sedikit kontradiktif dengan poin pertama. Makanan butuh kemasan yang kedap udara, tetapi di sisi lain lubang sirkulasi udara juga dibutuhkan untuk produk makanan tertentu, terutama makanan dengan suhu tinggi atau makanan yang baru saja selesai diolah. Lubang sirkulasi ini cukup penting perannya.
Pembuatan sirkulasi udara harus disesuaikan dengan jenis makanannya. Kamu bisa pilih alternative bahan kemasan lain yang alami, misalnya daun. Selain lebih aman, penggunaan bahan alami untuk kemasan bisa memberikan nilai plus bagi produk makananmu.
Berikut jenis – jenis kemasan :
• Berdasarkan struktur isi, kemasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Kemasan Primer, yaitu bahan kemas langsung mewadahi bahan pangan (kaleng susu, botol minuman, dll).
2. Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya dus ivory untuk wadah kosmetik , kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya.
3. Kemasan Tersier dan Kuarter, yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.
• Berdasarkan frekuensi pemakaiannya, dibagi menjadi tiga jenis , yaitu :
1. Kemasan sekali pakai (Disposable), yaitu kemasan yang langsung dibuang setelah satu kali pakai. Contohnya bungkus plastik, bungkus permen, bungkus daun, dus takeaway.
2. Kemasan yang dapat dipakai berulang kali (Multi Trip), kemasan jenis ini umumnya tidak dibuang oleh konsumen, akan tetapi dikembalikan lagi pada agen penjual untuk kemudian dimanfaatkan ulang oleh pabrik. Contohnya botol minuman dan botol kecap.
3. Kemasan yang tidak dibuang (Semi Disposable). Kemasan ini biasanya digunakan untuk kepentingan lain di rumah konsumen setelah dipakai. Contohnya kaleng biskuit, kaleng susu dan berbagai jenis botol.
Macam – Macam Kemasan :
1. Kemasan Kayu
Kayu merupakan bahan pengemas tertua yang diketahui oleh manusia dan secara tradisional digunakan untuk mengemas berbagai macam produk padat dengan komposisi berat seperti barang antik dan emas, keramik, dan kain.
(+) Kelebihan :
– Memberikan perlindungan mekanis yang baik terhadap bahan yang dikemas
– Karakteristik tumpukan yang baik dan mempunyai rasio kompresi daya tarik terhadap berat yang tinggi.
– Lebih aman dan kuat dalam proses pengirimannya
(-) Kelemahan :
Sebagai kemasan adalah ketidakcukupan pengetahuan akan teknik dasar seperti struktur kayu, metode perakitan dan sebagainya. Hingga saat ini perakitan kemasan kayu masih dilakukan dengan cara yang sederhana, dan jarang sekali dilakukan pengamatan terhadap kandungan air kayu, rancang bangun/Desain yang efisien, pengikatan/pelekatan tidak dengan jenis pengikat dan ukuran yang benar, sehingga dihasilkan kemasan kayu dengan kekuatan yang rendah. Akibatnya nilai ekonomis kemasan kayu menjadi rendah.
2. Kemasan Plastik
Kemasan plastik adalah kemasan yang paling mudah kita jumpai saat ini dan paling banyak digunakan hingga saat ini.
(+)Kelebihan
– kemasan plastik bisa bertahan lama karna kemasan plastik
– tidak mudah terurai dan rusak
(-)Kekurangan:
kemasan plastik tidak bisa hancur sehingga dapat menyebabkan pencemaran , seperti pencemaran air , jika kita membuang kemasan plastik ke sungai maka sungai akan tertimbun dengan banyaknya plastik dan dapat menyebabkan banjir / tidak ramah lingkungan
3. Kemasan Kertas
Kemasan kertas adalah kemasan yang fleksibel pertama kali sebelum ditemukannya plastic dan aluminium foil.
(+) Kelebihan
• Lebih ramah lingkungan, sehingga dapat didaur ulang secara mudah dan juga cepat terurai bila sudah menjadi limbah
• Lebih mudah dibentuk dengan variasi atau desain yang lebih menarik
• Mudah diperoleh dan penggunaannya yang luas
(-) Kekurangan :
• Bahan kertas mudah sobek.
• Mudah Menyerap Air dan Udara (Tidak hampa udara)
Dari ketiga macam kemasan, kemasan yang lebih menarik yaitu kemasan kertas. Dari Kemasan kertas kalian bisa membantu bumi kita atau negara kita Indonesia dengan mengurangi penggunaan plastik dengan kemasan yang ramah lingkungan dan mudah terurai. Kemasan Kertas bisa kalian dapatkan hanya di Percetakan Kemasan. Ke Spesialisnya kemasan dengan proses made by order, jadi lebih hangat dan lebih maksimal.

Berikut tempat cetak kardus makanan jogja:
Percetakan Pelangi Yogyakarta
Percetakan Pelangi juga cetak offset yang ada di Jogja dengan cetakan yang murah dan juga cepat. Bisa cetak dus makanan, tas kertas, buku, poster, kartu nama, brosur dan lainnya. Cetakan lebih cepat dan juga hasil cetak yang bagus berkat mesin terbaik yang digunakan. Lokasi cetak yang strategis bisa membantu kamu untuk lebih mudah menemukan Percetakan Pelangi Jogja.
Kotak makanan atau biasa disebut juga kotak kemasan merupkan wadah atau tempat yang digunakan untuk mengemas makanan seperti nasi kotak, roti, bakpia, kue kering dan sebuah produk seperti obat-obatan, susu, produk herbal, produk kecantikan dan lain sebagainya.

Kotak makanan atak kotak kemasan yang dirancang dan didesain dengan baik dan menarik akan dapat membangun suatu brand atau merek usaha atau sebuah perusahaan dan mendorong penjualan. Selain itu juga dapat sebagai sarana promosi atau iklan suatu usaha maupun sebuah perusahaan terhadap usaha yang dikelola.

Kotak makanan atau kotak kemasan bisanya terbuat dari kertas yang lebih tebal seperti kertas duplex yang bisa disebut kertas marga dan kertas ivory yang gramaturnya lebih tebal.

Jaman sekarang lagi hitz banget kalo kita punya usaha sendiri, punya brand sendiri kan? Nah kami juga siap membantu kelancaran usaha kalian nih dengan cara Cetak Dus Kemasan Jogja di Pelangi Offset Jogja aja! Main Yuk ke kantor kami, ada di Daerah Istimewa Yogyakarta! Kami tunggu orderan Cetak Dus Kemasan Jogja nya yaaa!
Buat urusan cetak-mencetak pelangi offset jogja jago nyaaa. Pokoknya mudah banget ga ribet deh! Dan pastinya harga super terjangkau!

 

 

adminCetak Dus Kemasan Jogja